Teks Eksplanasi - Kenapa Yogyakarta Sering Terkena Gempa?

Pernyataan Umum
Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan menurut jumlah penduduk. Apakah kalian tahu? Kota Yogyakarta sering mengalami gempa bumi loh! Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Selain itu gempa bumi juga bisa disebabkan oleh letusan gunung api.

https://images.app.goo.gl/TcoeBLagsb1Edgvh7



Penjelasan
Pada umumnya, gempa di Yogyakarta sama seperti umumnya gempa biasa. Kota Yogyakarta berada dekat dengan Gunung Merapi yang masih aktif, ini menjadi alasan mengapa di Yogyakarta sering terkena gempa vulkanik. Gunung yang masih aktif, harus melepaskan energi yang berada di dalam perut bumi. Karena, gunung yang aktif adalah salah satu jalan energi dari dalam perut bumi untuk keluar. Ini merupakan suatu kebutuhan gunung yang masih aktif untuk menjaga kestabilan energy di dalam perut bumi. Maka dari itu, Kota Yogyakarta sering terkena gempa vulkanik. Gempa yang sering terjadi di Kota Yogyakarta masih tergolong kecil. Lebih baik gempa sering terjadi tetapi dalam skala yang kecil. Daripada sekali terjadi dalam skala yang besar, dapat merusakkan seluruh Kota Yogyakarta. 

https://images.app.goo.gl/14sVmHvZHHBjbHQDA


 Interpretasi
Gempa yang terjadi di Kota Yogyakarta mirip dengan gempa yang sering terjadi di Jepang. Hampir setiap hari Kota Jepang dilanda gempa karena aktivitas gunung berapi di sekitar Jepang yang sering disebut Cincin Api Pasific. Maka dari itu, untuk mengantisipasi kerusakkan bangunan di Kota Yogyakarta, bangunan di Yogyakarta harus dibuat tahan dari gempa seperti di Jepang. Bangunan di Jepang dibuat fleksibel agar saat terjadi gempa, bangunan tidak rubuh. Ada banyak teknologi bangunan yang dugunakan untuk mengantisipasi gempa. Contohnya, Menara Mori menggunakan oil damper untuk meredam gempa, Menara Tokyo Skytree menggunakan minyak sebagai peredam, Menara fa-bo menggunakan serat carbon yang elastis dan kuat menahan gempa dan masih banyak teknologi yang digunakan oleh Jepang untuk menahan gempa. Teknologi seperti ini harus diterapkan di Indonesia, khususnya kota yang sering dilanda gempa vulkanik. 


  https://images.app.goo.gl/n4HYefXNvSDMGpJF6


  Daftar Pustaka

Comments

Popular posts from this blog

Materi Laporan Hasil Observasi

Teks Pidato tentang introspeksi diri