Teks Pidato tentang introspeksi diri


Salam saya berikan untuk mengawali pidato saya pada pagi hari ini. Syalom! Selamat pagi untuk bpk. Agus dan teman-teman sekalian. Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat-Nya, kita bisa hadir di sekolah ini. Perkenalkan, nama saya Kevin Priatna dari siswa kelas 10 Mipa 3, akan membahas tentang seberapa pentingnya kita sebagai individu untuk mengintrospeksi diri kita dalam kehidupan sehari-hari.

Mengintrospeksi diri adalah kegiatan yang dilakukan secara individual untuk mengkoreksi apa yang sudah terjadi dalam diri kita masing-masing. Mungkin hadirin sekalian belum begitu paham tentang apa arti introspeksi diri yang sudah saya ucapkan tadi. Maka, saya akan berikan manfaat dari mengintrospeksi diri ini. Jadi, manfaat kita mengintrospeksi diri kita yaitu, kita dapat mengkoreksi apa yang sudah kita lakukan. Contoh yang pertama, kalian sudah melakukan suatu kegiatan. Maka, kegiatan tersebut kalian introspeksikan. Kalian bayangkan kegiatan itu terjadi lagi. Maka, kesalahan yang ada pada kegiatan tersebut, akan anda perbaiki kan? Jika ada kegiatan serupa lagi, anda akan lebih baik menjalani kegiatan tersebut. Yang kedua, jika anda mengalami perasaan yang kurang mengenakkan dengan orang lain. Maka, introspeksikan diri anda. Apa yang sudah anda lakukan? Bisa saja, semua masalah ini karena anda. Misalnya, anda sduah melakukan sesuatu yang tidak anda sadari, maka membuat suasana kurang mengenakkan. Saya sendiri sering melakukan introspeksi jika ada masalah dengan semua orang. Biasanya, dengan introspeksi diri, anda dapat lebih mengetahui kekurangan yang ada dalam diri anda. Maka, anda dapat mengkoreksinya kembali.

Jadi, kesimpulan dari pidato saya ini, lakukan introspeksi diri dalam keadaan apapun. Senang maupun susah. Jika kita senang, belum tentu orang lain senang juga kan? Kalau kita susah, apakah kita saja yang susah? Apakah orang lain tidak susah juga? Maka dari itu, harapan saya, lakukan introspeksi kapanpun. Maka, manfaat tadi yang sudah saya sebutkan dapat terwujud dalam diri anda masing-masing. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada salah kata yang kurang berkenan di hati dan perasaan anda. Mohon dimaafkan. Selamat pagi dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Materi Laporan Hasil Observasi