Pentingnya introspeksi diri bagi remaja

Pentingnya Introspeksi Diri untuk Kalangan Remaja

Intropeksi diri bagi kalangan remaja sangat penting. Karena, dengan intropspeksi diri, anda dapat mengetahui apa yang ada dalam diri anda masing-masing. Baik yang sudah anda ketahui dan anda tidak ketahui.  intropeksi diri harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Disaat anda sedang mengalami masalah atau sesuatu yang dapat membuat anda bete, bahkan ketika anda sedang mengalami kesenangan. Dengan introspeksi diri, anda dapat membuat semua suasana menjadi lebih baik dan lebih tenteram. Yang awalnya suasana nya membuat anda bete, jika anda introspeksi diri dengan cara mengambil sisi positif nya saja, anda tidak akan terbawa perasaan anda. Bahkan, anda merasa lebih nyaman dengan suasana-nya. Saya pun merasakan hal yang sama setelah melakukan instrospeksi diri saya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata lain introspeksi yaitu, koreksi terhadap diri sendiri. Jadi, kita melakukan koreksi terhadap diri kita sendiri. Apa yang salah dari kita dapat kita perbaiki. Kalian semua pasti ingin memperbaiki diri kalian masing-masing. Maka, introspeksi membuat diri anda menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.
Cara melakukan instrospeksi diri, dengan cara ;
Sadari kelemahan diri sendiri saat melakukan introspeksi. Dengan mengetahui kelemahan kalian masing-masing, kalian pasti kemungkinan kecil tidak akan menyalahkan orang yang bersangkutan. Karena, kalian pasti juga menyadari bahwa kalian juga punya salah.
Introspeksi dalam semua aspek kehidupan. Introspeksi dapat dilakukan di semua aspek kehidupan. Maka, karena itu kalian dapat mengetahui jati diri kalian masing-masing dengan melakukan introspeksi diri kalian dalam segala aspek kehidupan.
Memiliki pemikiran bahwa dengan introspeksi diri dapat membuat diri menjadi lebih baik. Cara ini harus dimiliki oleh setiap orang yang melakukan introspeksi. Karena, buat apa melakukan introspeksi jika tidak membuat diri anda menjadi lebih baik?
Maka, kalangan reemaja dapat melakukan instrospeksi diri. Mengingat kalangan remaja sedang susah untuk mengelola emosi-nya, intrsopeksi diri dapat menghindari para remaja terjerumus ke hal-halcyang tidak baik. Bukan hanya untuk kalangan remaja saja. Para hadirin sekalian  juga bisa mengajak  anak, saudara dan teman-teman untuk belajar meng-introspeksi diri.

Penulis : Kevin Priatna
Penyunting : Vincent Aditya Budi



Comments

Popular posts from this blog

Materi Laporan Hasil Observasi

Teks Pidato tentang introspeksi diri