Ulasan Tataran Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

      A. Frasa
    Frasa adalah gabungan dua suku kata yang menimbulkan pengertian yang berbeda dari arti penyusunnya. Sebuah frasa hanya dapat menempati satu jabatan kata saja walaupun terdiri dari dua suku kata dalam kalimat. Sebagai contoh ; telepon genggam. Ini adalah sebuah frasa. Karena, kata telepon dan genggam memiliki arti yang berbeda. Jika kedua kata tersebut digabungkan, menghasilkan sebuah arti yang baru. Sebagai informasi saja, jika kalian kebingungan menentukkan frasa dalam kalimat, cari gabungan kata yang saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Jika tidak dapat dipisahkan, jabatan tersebut merupakan frasa.

B. Klausa
Klausa adalah gabungan dua atau lebih kata yang berpotensi untuk menjadi sebuah kalimat. Dalam klausa sekurang-kurangnya memiliki jabatan subjek dan predikat. Maka dari itu, sebuah klausa berpotensi menjadi kalimat yang utuh. Dalam sebuah kalimat dapat terdiri dari dua klausa. Biasanya terdapat konjungsi diantara dua klausa tersebut.

C. Kalimat
Cukup mudah untuk mengidentifikasi sebuah kalimat. Sebuah kalimat selalu diakhiri dengan intonasi final, yaitu dengan tanda titik. Sebuah kalimat biasanya maksimal terdiri dari 12 kata dan beberapa klausa. Terdapat juga frasa yang melengkapi kalimat tersebut. Sebuah kalimat yang lengkap biasanyaa terdiri dari empat jabatan suku kata. Yaitu, subjek, predikat, objek, dan keterangan, atau biasa kita sebut SPOK. 

D. Paragraf
Sudah tidak asing lagi ditelinga kita jika mendengar atau membaca sebuah paragraf. Paragaraf adalah sekumpulan kata yang memiliki arti berkesinambungan antar kalimat. Dalam paragraf memiliki satu arti atau yang biasa disebut ide pokok paragraf. Dalam paragraf, memiliki satu kalimat yang merupakan inti dari kalimat tersebut. Ide pokok paragraf bisa terdapat di awal  paragraf, tengah, dan bahkan akhir. Ide pokok paragraf yang berada di awal, disebut paragraf deduktif, Ide pokok paragraf yang berada di tengah paragraf, disebut paragraf deduktif. Ide pokok paragraf yang berada di akhir paragraf, disebut paragraf induktif. Paragraf yang memiliki dua Ide pokok paragraf yang berlainan tempat, disebut paragraf campuran.




Comments

Popular posts from this blog

Materi Laporan Hasil Observasi

Teks Pidato tentang introspeksi diri